Senin, 20 Januari 2014

DAMPAK URBANISASI TERHADAP LINGKUNGAN PEDESAAN



NAMA                   :        REZA AYU UTAMI
NIM                      :        1201045463
KOM. DASAR         :       MENJELASKAN PERSEBARAN PENDUDUK DALAM
                                      RUANG
POKOK BAHASAN :        PERSEBARAN PENDUDUK DALAM RUANG
JUDUL MATERI   :        DAMPAK URBANISASI TERHADAP LINGKUNGAN
                                      PEDESAAN

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSYzuYl5B5DSLwCsJkAFR1c4v7Tb4Ss03nVx4zpGoAUnY8fEll2ew     https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRiIaJtD_Ed3cBJ9vVCrMdSlAaBt7WkzRzpEfoYE5wf6b_pf2XE9A

https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTq8KGvOczyzfAc7_rvfgMmZXQ7LPvBVvTRrcrcpmn12Jpfh7t-
Urbanisasi merujuk pada perpindahan penduduk dari desa ke kota. Urbanisasi adalah masalah yang cukup serius bagi kita semua. Persebaran penduduk yang tidak merata antara desa dengan kota akan menimbulkan berbagai permasalahan kehidupan sosial kemasyarakatan.
Gerak penduduk dari desa ke kota sering merupakan sumber kerisauan di berbagai negara berkembang karena terbatasnya kemampuan penyediaan lapangan pekerjaan dan berbagai fasilitas perkotaan bagi penduduk desa yang datang.
Mengapa urbanisasi bisa terjadi??...jawabannya adalah kehidupan kota yang lebih modern, sarana dan prasarana kota lebih lengkap, banyak lapangan pekerjaan di kota, serta pendidikan sekolah dan perguruan tinggi lebih baik dan berkualitas.
Beberapa factor pendorong terjadinya urbanisasi yaitu lahan pertanian semakin sempit, merasa tidak cocok dengan budaya tempat asalnya, menganggur karena tidak banyak lapangan pekerjaan di desa, terbatasnya sarana dan prasarana di desa, diusir dari desa asal, memiliki impian kuat menjadi orang kaya.
Dampak yang sangat dirasakan oleh masyarakat lingkungan pedesaan setelah adanya urbanisasi terbagi menjadi 2, yaitu ada dampak positif dan dampak negative. Dampak positifnya yaitu  memoderenisasikan warga desa, menambah pengetahuan warga desa, menjalin kerja sama yang baik antarwarga suatu daerah, mengimbangi masyarakat kota dengan masyarakat desa. Sedangkan dampak negativenya adalah keadaan pembangunan desa menjadi kurang maju atau lambat karena kurangnya penduduk, perekonomian desa pun terhambat karena kurangnya sarana dan prasarana yang memadai.
Daftar pustaka
Said Rusli. 1982. Pengantar Ilmu Kependudukan. Jakarta: LP3ES
Henslin.M. James. 2006. Sosiologi dengan Pendekatan Membumi. Jakarta: Erlangga

1 komentar:

  1. yah,,kok hanya segini?? padahal bisa lebih panjang dan dalem artikelnya lho,,sayang. but anyway, thnks.

    BalasHapus