Senin, 20 Januari 2014

Nobel Perdamaianuntuk Kaum Papa



Nama : Dyah Purnamasari
Kelas : 3N
NIM : 1201045164






Nobel Perdamaian untuk Kaum Papa 

Peraih Nobel perdamaian tahun 2006 adalah Muhammad Yunus. Pria asal Bangladesh itu menegaskan, penganugerahan Nobel kepada dirinya merupakan sebuah kemenangan bagi kaum papa diseluruh dunia. “ ini adalah berita fantastis bagi kami semua, bagi Bank Grameen, bangsabanglades , semua orang miskin di negara itu , dan semua orang miskin di seluruh dunia, “ kata yunus , jumat (13/10) , mengomentari pemberian Nobel Perdamaian kepada dirinya . dia menambahkan , penganugerahan Nobel ini merupakan puncak pengakuan atas upaya memberantas kemiskinan. Sebelumnya, Yunus telah memperoleh sejumlah penghargaan karena keuletannya membela kaum miskin , terutama perempuan. Padahal, menjelang detik detik terakhir, nama Muhammad Yunus sama sekali tidak disebut sebut berpeluang menerima hadiah Nobel Perdamaian 2006. Para petaruh dan situs situs berita menjagokan mantan Presiden Finlandia Marthi Ahtisaari yang di nilai berjasa meredakan konflik aceh. Tokoh lain yang dijagokan adalah mantan Menteri Luar Negeri Australia Gareth Evans yang berjasa merekonstruksi kamboja dan Vietnam. Selanjutnya ,aktivisetnik Uighur Rebiya Kadeer yang menuduh pemerintah cina menyiksa orang Uighur di barat daya xinjiang.

Kiprah yunus memberdayakan kaum papa telah diakukannya sejak tahun 1974. Saat itu, sebagai profesor ekonomi di universitas Chittagong , dia memimpin para mahasiswa berkunjung kedesa desa miskin di banglades. Betapa kagetnya yunus ketika menyaksikan warga di desa desa miskin di banglades , tengah berjuag lolos berahan dari kelaparan yang telah menewaskan ratusan ribu orang.
Sebagai akademisi, yunus merasa berdosa. ‘’ ketika banyak orang sedang sekarat di jalanjalankarenakelaparan ,sayajustrusedangmengajarkanteoriteoriekonomi yang elegan , “ kata yunus “ . sayamulaimembencidirisayasendirikarenabersikaparogandanmenganggapdiribisamenjawabpersoalanitu ( kemiskinan ). Kami, profesoruniversitas ,semuanyapintar, tetapisamasekalitidaktahumengenaikemiskinandisekitar kami. Sejaksaatitu, sayaputuskanbahwakaum papa harusmenjadi guru saya“ tambahnya.
Dari perasaanbersalahtadi ,yunusmulaimengembangkankonseppemberdayaankaum papa. Filosopi yang iabangunadalahbagaimanamembantukaummiskin agar bisamengangkatderajatmerekasendiri. Diatidakinginmemberiikan, melainkanmemberipancingkepadakaum papa untukmencariikansendiri.Duatahunkemudianyunusmulaimegembangkan program kreditmikrotanpaagunanuntukkaum papa yang tidakdapatmengksespinjaman bank.Program inimenjadisemacamgugatanyunustehadapketidakadilanduniaterhadapkaummiskin.“ Mengapalembagakeuanganselalumenolak orang miskin ? Mengapainformasitentangteknologimenjadihakeklusif orang kaya , “ tuturnya.
Untukmenjalankan program itu ,awalnyayunusmerogohkoceksendirisebesar 27 dolar AS. Uangitudigunakannyagunamembantu modal bagiibuibupembuatkeranjangbambu, salahsatunyasufia Begum.Saatitu, sufiaberutangkepadatengkulakuntuk modal membuatbangkudaribambu.Diameminjamuang 5 taka atau kurang dariRp 184 “ sayaberkatapadadirisendiri , oh Tuhan , karena 5 taka diamenjadibudak. Sayatidakmengertimengapamerekaharusmenjadibegitumiskinpadahalerekabisamembuatbarangkerajinan yang bagus“ katayunus .
Yunusbegituakin ,jika orang miskindiberiakseskreditseperti yang diberikankepada orang kaya, merekapastibisamengelolanyadenganbaik. “ berikankreditkepada orang miskin, merekaakanbisamengurusdirinya , “ katanya,. Keyakinanyunustidakmeleset.Program kreditmikro yang digulirkannyaterusberkembang.Jutaan orang miskin pun bisakeluardarijeratlintahdaratsetelahdiberikreditmikro.
Yunusjugamenunjukkanbetapapentingnya program pemberantasankemiskinanuntukmenciptakankeamanandunia.“ pemberantasankemiskinanakanmendatangkanperdamaian yang nyata . andatdakakan di hormatidanpunyahargadiriselamaandamasihmiskin ,” tandasnya. 
Sunarto, Kamanto.2000.Pengantar Sosiologi Edisi Kedua. Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia




1 komentar:

  1. http://www.p2kp.org/wartadetil.asp?mid=1345&catid=1&,
    Di buku Kamanto tdk ada penjelasan tsb, ini sumber yang seharusnya anda tulis. Silakan perbaiki dan jabarkan artikel dengan gayamu sendiri.

    BalasHapus