Kamis, 23 Januari 2014

Perilaku Menyimpang dan Sikap Anti Sosial




Nama    : Rahmad Cahyadi

Kelas     : 3 N

Nim       : 120104 5448
tugas 2




Perilaku Menyimpang dan Sikap  Anti sosial

A . Bentuk-bentuk perilaku menyimpang

Menurut M. Lemert menbagi bentuk perilaku menyimpang menjadi dua yaitu sebagai berikut ..
            Perilaku menyimpang primer
Dalam beberapa hal mungkin saja seseoran melakukan tindakn-tindakan menyimpang. Akan tetapi penyimpangan tersebut hanya bersifat semntara dan tidak berlangsung kembali. Individu yg melakukan penyimpangan tersebut msh dapat diterima secara sosial . contoh penyimpangan primer adlah seseorang yg memanipulasi jumlah pajak kekayaan
            Perilaku menyimpang sekunder
Dalam bentuk penyimpangan sekunder seseorang secara khas memperlihatkan perilaku menyimpang dan secara umum dikenal seseorang yg menyimpang .masyarakat tidak bisa menerima dan tdk menginginkan individu yg telah memalkukan penyimpangan . contoh penyimpangan sekunder adalah membunuh ,merampok , berjudi, mabuk-mabukan dan menggunakan obat terlarang .


B . Sifat-Sifat Perilaku Menyimpang

Secara umum terdapaat dua sifat penyimpangan ,yaitu penyimpangan bersifat positif  dan penyimpangan bersifat negativ .
            Penyimpangan yg bersifat positif
Penyimpangan yg bersifat positif meriuipakan penyimpangan yg mempunyai dampak positif terhadap sistem soisal karena mengandung unsur inovatif, kreatif , dan memperkaya alternativ.
            Penyimpangan yg bersifat negativ
Jika individu melakukan tindakan yg mengarah ke nilai sosial yg dipandang rendah dan berkibat buruk serta menggangu sistem sosial masyarakat  maka ia telah dianggap telah melakukan penyimpangan yg bersifat negativ.


C . Relativitas perilaku menyimpang

   Arti perilaku menyimpang itu sendiri berbeda-beda antara kelompok satu dengan kelompok lain . ada kelompok yg menyatakan suatu perilaku menyimpang ketika orang lain melihat perilaku itu sebagai sesuatu yg berbeda dengan kebiasaan umum .
Hal lain yg juga menyebabkan perilaku menyimpang bersifat relatif adalah karena perilaku menyimpang itu juga dianggap sebagai gaya hidup.  




D . konformitas sebagai tujuan sosialisasi
Ketidaktaan individu mematuhi aturan dari masyarakt tersebut bisa disebabkan krn beberapa agen sosialisasi mempunyayi perbedaan dalam menanamkan nilai dan aturan yg berbeda-beda aturan yg ditanamkan keluarga bisa jadi bebeda dengan aturan dari tmn main atau sekola .
Penyimpangan pperilaku tidak dapat dihilangkan sama sekali, apalagi dalam masyarakat yg berkembang dengan cepat dan terbuka terhadap pengaruh dari luar.



H . sikap antisosial

Sikap antosial adalah suatu sikap yg melawan kebiasaan masyarakat dan kepentingan umum. Sikap antisosial ini bermacam-macam ,antara lain sebagai berikut..

            Menarik diri dari pergaulan
Pada dasarnya manusia adalah makluk sosial . orang mempunyai sikap menarik diri dari pergaulan masyaraakt termasuk salah satu sikap antisosial.

            Minum-minum keras
Minum-minuman keras merupakan perbuatan yg memabukan dan dilarang oleh agama. Orang yg suka berperilaku demikian menyebabkan timbulnya perbuatan-perbuatan yg tdk sesuai dengna norma-norma yg berlaku dimasyarakt

            Penyimpangan seksual
Salah satu bentuk penyimpangan seksual adalah adanya hubungan seksual manusia sejenis , misalnya ,antara laki-laki dengan laki-laki , atau perempuan dengan perempuan . perbuatan ini melanggar norma agama dan juga melanggar norma kemasyarakatan

            Melanggar norma nilai-nilai kesopanan
Melanggar nilai kesopanan termasuk salah satu sikap antisosial. Hal ini disebabkan sopan santun masyarakat dilarangnya ,seperti meludah dilantai, buang air kecil sembaarangan , membuang sampah sembarangan dan sebagainya



Pabundu-tika-Amin-Andi sopandi-mita widyastuti
BUMI AKSARA

1 komentar:

  1. silakan perbaiki daftar pustaka, lebih baik jika kajiannya studi kasus, bukan teoritik. terimakasih

    BalasHapus